April 18, 2010

kenapa saya tertarik dengan rubik's cube?

grabbed form icubed.us

banyak alasan saya tertarik dengan mainan penuh warna ini. akan saya jabarkan satu persatu. :)
  1. alasan pertama karena faktor teman, dimulai dari beberapa teman memainkan mainan ini, dan saya mulai tertarik mencobanya.
  2. dapat melupakan saya dengan hobi buruk bermain game online.memang bagi sebagian orang, game online sangat asyik, termasuk dari opini saya. akan tetapi, kebiasaan itu menghabiskan uang saya, terlebih setelah menemukan lebih banyak ketidakmanfaatannya daripada manfaatnya. hal ini jgua dipicu dari mulainya rumah saya sudah dipasang koneksi internet.
  3. ternyata mainan ini menantang. karena jenisnya banyak, melatih logika di setiap jenis yang berbeda, lalu melatih sinkronasi tangan, mata, dengan otak sekaligus. di dalam satu jenis puzzlenya seperti 3x3, masih ada cabangnya, seperti speedsolving, blindfolded solving, one-handed solving, feet solving, multiple blindfolded solving dan fewest move count solving. setiap cabangnya saja mempunyai teknik khusus yang berbeda. itu pun dikembangkan oleh banyak orang sehingga terdapat banyak tekniknya.
  4. memiliki komunitas yang baik. mainan ini memang terkenal di dunia, komunitasnya pun ada di mana-mana. termasuk di Indonesia. komunitas yang terkenal adalah rubikku (http://rubikku.ning.com). saya sempat berkenalan dengan semua cuber -istilah untuk pemain rubik- yang terkenal dalam kontribusinya untuk dunia cubing di Indonesia. orangnya ramah-ramah (jika anda ramah dengan mereka, maka anda akan mendapatkan hal yang demikian, namun sebaliknya bisa anda pikirkan sendiri). forum ini lebih mengutamakan unsur kekeluargaan (ini yang saya suka).
  5. memiliki rekor yang tidak main-main. mainan ini bukan sekedar mainan, tetapi memiliki  kompetisinya pula, biasanya bertaraf nasional dan dunia (untuk kompetisi resmi). kompetisi resmi itu mengikuti aturan dari WCA (World Cube Association / http://www.worldcubeassociation.org/) sehingga di setiap kompetisi, pasti sama peraturannya. sehingga hasil yang didapat pun diakui oleh WCA dan dunia, dan dapat dilihat oleh setiap mata di dunia. untuk Indonesia sendiri, ada satu rekor dunia yang dipegang, yaitu cabang multiple blindfolded oleh Muhammad Iril Khairul Anam dengan menyelesaikan 16 buah rubik's cube dengan mata tertutup sekaligus pada Jakarta Open 2010 kemarin di FX mall Januari lalu. hal ini bermula dari kontribusi Wicaksono Adi dengan menyelesaikan 11 rubik's cube sekaligus dengan mata tertutup, dengan mendapatkan peringkat kedua dunia saat itu di Indonesia Open 2009 lalu. selain rekor tadi, masih ada rekor lain yang tidak kalah menantangnya adalah menyelesaikan 4x4 dan 5x5 dengan mata tertutup. di mana saat saya menulis blog ini hanya 48 orang (untuk 4x4) dan 20 orang (untuk 5x5) yang mampu melakukannya dalam kompetisi resmi. anda bisa cek sendiri di http://www.worldcubeassociation.org/results/events.php untuk melihat pembuktiannya. pada 5x5 blindfolded, Muhammad Iril Khairul Anam sempat mendapat peringkat pertama se-Asia, namun tidak lama direbut oleh Chester Lian dari Malaysia. memang saat ini menurut pengamatan saya, Indonesia terkenal di mata dunia cubing dari blindfolded solvingnya, terutama untuk 4x4,5x5, dan multiple-nya.
saya akan berikan sebuah video multiple blindfolded yang dilakukan oleh Wicaksono Adi, dengan 54 cube sekaligus dan 50-nya ter-solve.

ini adalah alasan saya akan rubik's cube,.. mungkin ada yang memiliki pengalaman sama.. :)

No comments:

Post a Comment