August 08, 2010

tips password yang lebih aman

sedikit tips untuk penggunaan password yang aman dari beberapa sumber yang saya baca yang mungkin bisa jadi referensi dan acuan dalam pemilihan password. beberapa poin di sini saya sendiri juga tidak melakukannya dan saya sendiri juga berada dalam taraf tidak aman dalam penggunaan password. haha. berikut tipsnya:
1. usahakan mengandung kombinasi angka dan huruf.
2. tulisan 4L@y mungkin dapat membantu jika Anda sanggup, atau cukup dengan kombinasi huruf besar dan kecil.

3. usahakan jangan pakai tanggal lahir, apalagi tempat lahir, alamat rumah, nomor telepon, hp, fax, dkk. karena sangat mudah ditebak oleh orang lain.
4. jangan menulis nama sendiri, gebetan,pacar, orang tua, saudara, adik-kakak,teman dekat, musuh,artis yang anda sukai ataupun orang2 yang terlihat mencolok dengan anda
5.gunakan kombinasi kata-kata yang sulit ditebak orang, namun mudah anda ingat.
6.gunakan semua atau sebagian dari yang mudah diingat orang pada poin-poin sebelumnya, namun dengan kombinasi menjadikan jumlah peluang tertebak menjadi sedikit.

tips tambahan : dalam social networking, kalau perlu, jangan mengajak atau membalas chat orang yang tidak dikenal, mencantumkan nomor hp, ataupun e-mail anda. hal ini terutama pada facebook, jangan lupa set privacy setting anda menuju kebagian teraman (noone can see) pada email,hp, dan set lainnya ke friend only. mungkin bisa membantu dengan banyaknya ketidaktahuan akan hal2 itu. karena cybercrime is worse that realcrime

No comments:

Post a Comment